Kamis, 21 Agustus 2008

Hal2 Kecil Yang Memangkas Waktu Anda

'Time is money', 'waktu adalah uang'. Ungkapan ini pas banget bagi anda yang
setiap harinya diburu-buru pekerjaan dan 'deadline'. Apa hubungannya ?
Iya soalnya anda dibayar alias digaji atas waktu yang anda gunakan untuk
bekerja di kantor. Karena nggak mungkin juga kan kalo anda makan 'gaji
buta'? Makanya setiap detik di kantor adalah waktu yang sangat berharga.

Untuk itu anda perlu memanfaatkan waktu di kantor seefektif mungkin. Tapi
masalahnya, kadang anda tidak menyadari ada hal-hal kecil yang ternyata
cukup mengganggu waktu anda dalam menyelesaikan 'kerjaan'. Tau nggak apa aja
sih hal kecil yang mengganggu itu? Di bawah ini adalah daftar hal-hal kecil
yang 'berpartisipasi' dalam memangkas waktu kerja dan menghambat selesainya
pekerjaan anda :

* Telepon
Banyaknya telepon masuk untuk bicara dengan anda, mau nggak mau akan
mengurangi kualitas waktu anda dalam bekerja. So, bersikaplah selektif dalam
menerima telepon. Jangan menerima telepon-telepon tidak penting yang datang
dari teman-teman anda. Sibuk berhaha hihi di telepon dengan teman kadang
membuat anda lupa waktu dan membuat pekerjaan anda 'terbengkalai'.
Untuk itu, pesankan pada operator untuk menyeleksi telepon yang penting dan
tidak penting. Mungkin untuk hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan, anda
bisa menerimanya.

* Ponsel
Jika anda sedang membutuhkan konsentrasi penuh dalam menyelesaikan
pekerjaan, misalnya anda sedang dikejar target dan 'deadline', lebih baik
matikan saja ponsel anda. Untuk mengantisipasi hal-hal yang penting,
sebaiknya aktifkan 'voice mail' di ponsel anda.

* Email
Jangan membuang-buang waktu hanya untuk membalas email-email tak penting.
Begitu tau email itu tak ada hubungannya dengan pekerjaan, lewatkan saja.
Anda baru bisa melakukannya jika waktu anda cukup luang.

* Makan siang terlalu lama
Umumnya waktu istirahat makan siang adalah satu jam. Tapi kadang, waktu satu
jam itu terasa kurang karena waktu makan siang sering dijadikan 'moment'
untuk 'ngobrol' dengan rekan-rekan kantor anda. Hingga tak jarang, waktu
satu jam itu molor sampai 30 menit bahkan satu jam dari waktu yang
ditentukan. Tentu saja waktu anda bekerja banyak berkurang hanya untuk
kepentingan 'ngobrol'. Ingatkan diri anda sendiri untuk segera beranjak dari
acara makan siang begitu anda selesai makan. Memang bersosialisasi dan
berinteraksi dengan rekan di lingkungan kantor cukup penting, tapi tentu
saja anda harus tahu batas waktu.

* Ngobrol dengan teman
Jangan sekalipun tergoda menghampiri meja rekan anda ketika anda tengah
membutuhkan konsentrasi. Sebaliknya jika teman anda yang menghampiri meja
anda, katakan saja bahwa anda baru bisa 'ngobrol' di waktu istirahat atau
pulang kantor.

Dengan menghindari gangguan-gangguan di atas, diharapkan anda akan lebih
konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Dan waktu anda di kantor nggak
sia-sia kan...?

Tidak ada komentar: